Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Kain Tenun Untuk Bahan Baju Kantor


 Saat ini penggunaan kain kain etnik sebagai bahan pakaian kantor semakin banyak dilakukan. Jenis kain etnik yang biasa dipakai untuk bahan pakaian kantor juga semakin beragam. Jika dulu umumnya orang orang mengasumsikan kain etnik atau tradisional yang cocok dipakai untuk pakaian kerja hanyalah terbatas pada kain batik saja, kini hal tersebut sudah berbeda jauh. Selain kain batik kini ada berbagai jenis kain etnik atau tradisional lainnya yang cocok digunakan sebagai bahan pakaian kantor.


Salah satu jenis kain yang mulai populer dipakai sebagai bahan pakaian kantor adalah kain tenun. Banyaknya orang yang menggunakan kain tenun sebagai bahan untuk pakaian kantornya tentu bukan tanpa alasan. Ada sejumlah kelebihan yang dimiliki kain tenun yang menjadikan orang memilih untuk menggunakannya.


Beberapa kelebihan tersebut misalnya saja adalah kain tenun umumnya memiliki daya tahan yang cukup baik. Hal ini tak terlepas dari cara pembuatan kain tenun yang umumnya masih dilakukan secara manual dan menggunakan bahan bahan berkualitas. Selain itu daya tahan dari kain tenun bisa juga juga disebabkan karena tebalnya kain tenun tersebut. Seperti yang kita ketahui kain tenun terbuat dari jalinan benang dengan ketebalan yang cukup tinggi sehingga kain yang dihasilkan pun juga tebal.


Dan yang tak kalah pentingnya umumnya kain tenun memiliki nilai estetika tinggi. Sehingga tidak mengherankan meski harga kain tenun umumnya cukup mahal namun masih banyak orang yang meminatinya.


Meski kain tenun cocok dipakai baik oleh pria maupun wanita akan tetapi saat ini kebanyakan yang memilih menggunakan kain tenun sebagai seragam bekerja di kantor adalah wanita. Hal ini bisa kita lihat dari cukup banyaknya model baju tenun kantor wanita yang dijual baik secara online maupun offline.


Karena ada cukup banyak model baju tenun yang tersedia maka tentu saja jika kita akan membelinya kita perlu memilih dengan seksama sehingga mendapatkan pakaian tenun yang benar benar cocok untuk kita. Ada beberapa hal yang patut untuk kita perhatikan sebelum memilih dan membeli baju tenun. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


Material Tenun

 Material atau bahan dari kain tenun merupakan salah satu hal utama yang perlu kita perhatikan saat akan membeli baju tenun. Seperti yang diketahui bahan baku atau benang yang dibuat kain tenun cukup beragam mulai dari sutera, serat kapas, serat kayu dan lain sebagainya. Pastikan memilih material tenun yang nyaman untuk kita pakai. Untuk wanita mungkin sata kain tenun berbahan baku sutera menjadi salah satu pilihan terbaik.


Kepadatan Komposisi

Hal selanjutnya yang juga perlu untuk diperhatikan dalam pemilihan kain tenun adalah soal kepadatan komposisi kain tenun. Semakin padat dalam artian semakin banyak benang tenun yang dipakai akan semakin bagus.

Struktur benang yang padat ini akan menjadikan kain tenun kokoh sehingga lebih awet dan tahan lama.


Corak

Corak atau motif dari kain tenun merupakan salah satu penentu tinggi rendahnya nilai estetis dari kain tenun. Untuk itu kita bisa memilih motif atau corak kain tenun yang menurut kita bagus dan sesuai untuk kita gunakan bekerja di kantor. 

Tentunya akan lebih bagus juga jika kita memilih kain tenun yang menggunakan pewarna alami. Dan pastikan juga bahan pewarna tersebut tidak mudah luntur sehingga warna dari kain tenun akan tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama.