Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipes, Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Gejala Tipes

Selamat sore para pembaca blog nganu.net sekalian, di artikel kali ini saya akan mebahas tentang tipes, penyebab tipes, gejala tipes dan juga  cara mencegah penyakit tipes tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya tipes merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang baik orang dewasa maupun anak anak. Tipes ini sendiri disebabkan oleh serangan bakteri Salmonella typhi ke usus seseorang. 

Penyebab sesorang terkena tipes sendiri cukup bermacam macam. Namun biasanya terkait dengan bakteri yang terdapat pada benda benda kotor yang yang masuk ke tdalam ubuh kita. Diantara penyebab tipes ini antara lain adalah jajan sembarangan, mengkonsumsi air minum kotor, Menggunakan toilet yang kotor dan lain lain. Biasanya pada hal hal yang kotor tersebut bakteri tipes ini berkembang biak. Dan tipes ini seringkali menyerang  seseorang saat kondisi tubuh atau ketahanan tubuh seseorang menurun. Tipes ini juga rentan menyerang terutama anak anak karena daya tahan tubuh anak anak biasanya lebih rendah jika dibandingkan orang dewasa. Penyakit tipes ini seringkali barubah menjadi penyakit yang cukup berbahaya apalagi jika kemudian terjadi komplikasi dengan penyakit lain.

Karena cukup berbahayanya penyakit tipes ini bagi manusia maka ada baiknya jika kita mengetahui gejala gejala dari penyakit tipes ini agar bisa melakukan tindakan tindakan yang perlu dilakukan dengan baik dan tidak gegabah . Beberapa diaantara gejala gejala tipes ini antara lain adalah sebagai berikut : 
  • Demam tinggi, biasanya pada pada orang orang yang terkena bakteri salmonela typhi saat memasuki minggu minggu pertama akan mengalami kondisi tubuh demam dengan suhu tubuh yang cukup tinggi yakni mencapai 39 hingga 40 derajat celcius.
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Sembelit
  • Hilang nafsu makan
  • Mengigau, pada orang yang sudah terkena tipes dan memasuki minggu ke 3 biasanya akan timbul gejala gajala sepertu mengigau, terbaring lemas dengan mata yang terbuka.
Ketika kita atau keluarga kita mengalami gejala gejala tersebut maka salah satu langkah terbaik yang perlu dilakukan adlaah membawa dan memeriksakan ke fasilitas kesehatan yang ada baik itu puskesmas maupun rumah sakit. Jangan sampai terlambat atau menunda nunda karena bisa saja tipes yang diderita akan semakin parah dan bisa berakibat fatal bagi penderitanya.

Seperti kata pepatah bijak yang mengatakan men cegah lebih baik daripada mengobati maka dibandingkan kita terkena serangan baktri salmonel typhi akan lebih baik jika kita melakukan upaya upaya oencegahan terhadap penyakit tipes ini. Beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan antara lain adalah dengan melakukan hal hal berikut ini :
  • Cuci tangan sebelum makan, Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terkena tipes adalah mencuci tangan sebelum makan, setalah dari toilet dan sebelum melakukan beberapa aktivitas lainnya. Mencuci tangan dengan sabun yang sesuai dipercaya bisa membunuh berbagai jenis bakteri.
  • Menghindari makan makanan yang tidak terjamin kebersihannya.
  • Hindari mengkonsumsi es batu yang berasal dari tempat tempat yang kebersihannya meragukan atau es batu yang berasal dari air mentah.
  • Makanlah makanan yang benar benar dalam kondisi matang, atau apabila ingin memakan makanan mentah seperti buah buahan maka sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu.
Jika kita sudah terkena penyakit tipes maka upaya yang perlu dilakukan selain memeriksakan diri kita ke fasilitas kesehatan adalah tetap minum air putih dengan jumlah yang cukup agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi, menjaga pola makan dan beristirahat yang cukup,