Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salep untuk Obat Luka Bakar serta Manfaatnya


Luka bakar adalah luka yang sering dialami oleh seseorang ketika sedang beraktivitas di kesehariannya. Luka bakar ini bisa timbul tatkala kulit bersentuhan atau bersenggolan langsung dengan permukaan yang terlalu panas di sekitarnya. Luka bakar sendiri menurut medis dibagi menjadi tiga derajat bergantung dari kerusakannya. Jenis obat luka bakar knalpot akan disesuaikan dengan tingkat atau derajat kerusakan yang ditimbulkan oleh luka bakar.

Jenis Salep untuk Obat Luka Bakar serta Manfaatnya

Penggunaan obat untuk luka bakar knalpot tentu harus disesuaikan dengan derajat kerusakan dari luka bakar yang ditimbulkan. Apabila luka bakar hanya masuk ke dalam golongan 1, maka cukup gunakan salep yang ringan. Namun apabila telah mencapai derajat ketiga, artinya memerlukan penanganan dokter langsung.

1. Salep Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki sifat anti peradangan yang sangat baik untuk membantu meredakan rasa nyeri ataupun panas dari luka bakar. Krim lidah buaya sangat disarankan untuk digunakan pada luka bakar yang masuk derajat 2 dan 1. Kemampuan lidah buaya untuk melancarkan sirkulasi darah membuatnya sangat cocok dipilih.

2. Salep Silver Sulfadiazine
Salep dengan kandungan silver sulfadiazine disarankan untuk digunakan pada luka bakar derajat satu hingga dua. Salep ini dapat digunakan pada pasien dengan luka akibat tersiram minyak panas, setrika panas dan air panas.

3. Salep Bacitracin
Fungsi salep satu ini pada luka bakar adalah meredakan rasa nyeri pada luka bakar tingkat 1. Salep yang memiliki fungsi antibakteri ini dapat mengobati infeksi kulit dan juga menghentikan infeksi akibat adanya luka bakar oleh bakteri. Luka bakar yang luas tidak disarankan menggunakan salep bacitracin.

4. Salep Mafenide Acetate
Salep satu ini mampu untuk membantu meredakan rasa nyeri dan sakit akibat luka bakar hingga tingkat 3. Salep ini mampu menurunkan kemungkinan penyebaran bakteri hingga ke aliran darah. 

Untuk informasi kesehatan yang lengkap bisa diakses melalui website www.guesehat.com. Website ini memberikan informasi lengkap terkait kesehatan yang akurat, salah satunya seperti yang tertera di link berikut ini www.guesehat.com/mengupas-mitos-dan-fakta-cara-membersihkan-luka.