Langsung ke konten utama

Pertolongan pertama pada luka


Beragam aktivitas yang berat seperti olahraga bisa saja membuat kulit anda terluka. Luka adalah cedera yang dapat merusak jaringan kulit ataupun jaringan tubuh lainnya. Luka terbuka pada berbagai macam anggota tubuh mungkin saja berukuran kecil namun bisa saja menjadi lebih serius jika tidak diobati dengan baik.

Kulit merupakan organ terluar pada tubuh yang dapat melindungi dari kuman, bakteri, jamur, dan juga virus dari luar tubuh. Jaringan kulit yang rusak disebabkan oleh luka dapat menyebabkan kuman masuk ke dalam tubuh kita dan kemudian menyebabkan infeksi.
Jika anda terluka, berikut adalah beberapa pertolongan pertama yang dapat digunakan di dalam rumah

1. Membersihkan luka
Jangan lupa untuk membersihkan tangan anda dengan air hangat dan juga sabun sebelum membersihkan luka. Kemudian lakukan pembersihan pada luka dengan menggunakan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

2. Gunakan antiseptik
Gunakan antiseptik alami seperti gel lidah buaya yang dapat digunakan sebagai obat luka jatuh cepat kering. Penggunaan gel lidah buaya pada luka dapat mencegah bakteri maupun kotoran lain menempel pada luka dan menyebabkan infeksi karena adanya sifat antiseptik.

3. Oleskan antibiotik
Oleskan krim atau salep antibiotik untuk menjaga kelembapan pada permukaan luka. Adanya antibiotik tidak akan mempercepat proses menyembuhan luka, namun dapat menjadi pencegah infeksi bakteri.

4. Minum obat pereda rasa sakit
Obat Pereda rasa sakit terkadang dibutuhkan jika anda memiliki luka yang menyebabkan rasa sakit dan juga berukuran besar. Jika luka terasa menyakitkan dan rasa menyakitkan tidak hilang selama beberapa hari, anda dapat meminum obat yang dapat menghilangkan rasa sakit yang dijual tanpa menggunakan resep dokter, seperti paracetamol.
Namun hindari konsumsi aspirin, karena hanya berisiko dapat memperpanjang waktu pendarahan

5. Menutup luka dengan perban
Tutup luka menggunakan perban untuk mencegah infeksi bakteri yang berbahaya sekaligus menjaga agar luka tetap bersih. Penggunaan kapas ini harus diganti secara berkala, yaitu dua kali sehari saat perban sudah menjadi basah dan kotor.

Berikut beberapa pertolongan pertama pada luka yang dapat dilakukan di dalam rumah. Kunjungi https://www.guesehat.com/penanganan-tepat-ketika-kulit-terbakar untuk tips tentang penanganan tepat jika kulit anda terbakar. 

Postingan populer dari blog ini

Meja Staff Ideal

Fungsi meja kantor yang pada umumnya untuk membaca, menulis dan aktivitas lainya, kini mulai bergeser fungsi sesuai dengan berkembangya waktu. Meja kantor untuk para staff haruslah memiliki banyak ruang untuk memberikan keleluasaan karyawan untuk berkerja. Tak hanya sebagai sebuah furnitur biasa, Meja Staff haruslah didesain senyaman mungkin untuk menunjang aktivitas karyawan dalam bekerja.
Meja Staff yang ideal pada masa kini haruslah menyediakan beberepa laci yang disertai kunci agar bisa menyimpan file penting dan barang pribadi, tidak hanya satu laci, biasanya meja staff ini terdiri dari 3 laci. Selain itu harus terdapat ruang untuk menempatkan peralatan kantor seperti alat tulis yang sangat mudah diraih. Dan terakhir harus terdapat ruang besar dalam penempatan alat-alat modern perkantoran seperti komputer, mesin fax, telepon dan lain-lain. Meja perkantoran untuk para staff ini juga harus didesain semenarik mungkin, selain agar lebih enak dipandang oleh anda, klien kantor Anda pun…

Nganu itu apa ?

Nganu kita pasti sudah pernah mendengar kata ini atau bahkan tak jarang mengucapkannya. Lalu apasih sebenarnya nganu itu sendiri ? Nganu bisa dibilang satu buah kata yang memiliki berbagai macam makna, tergantung konteks pembicaraan yang sedang dilakukan oleh orang.

Hal Hal yang Perlu Diketahui Tentang Tes Alergi

Alergi merupakan kondisi yang bereaksi secara berlebihan terhadap zat tertentu. Zat penyebab alergi sendiri disebut alergen. Gejala alergi sendiri bermacam-macam. Ada alergi ringan seperti gatal atau bersin, hingga alergi berat yang sangat berbahaya. Untuk mengetahui apakah seseorang mengidap alergi terhadap zat tertentu, biasanya dilakukan Tes Alergi. Pada umumnya, tes alergi terbagi menjadi tes darah dan tes kulit. Tes ini sendiri bertujuan untuk mengetahui apakah tubuh bereaksi terhadap zat alergen atau tidak. Alergen sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Alergen hirup, merupakan alergen yang memicu alergi apabila terhirup melalui saluran pernapasan. Contohnya, alergi terhadap debu, atau bulu binatang. Alergen kontak, bereaksi apabila terjadi kontak langsung antara kulit dan alergen. Contohnya seperti alergi lateks, atau bahan tertentu. Alergi saluran cerna, adalah jenis alergen yang terdapat pada makanan. Alergen jenis ini bereaksi ketika memasuki saluran pencernaan. Contohnya…