Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertolongan pertama pada luka


Beragam aktivitas yang berat seperti olahraga bisa saja membuat kulit anda terluka. Luka adalah cedera yang dapat merusak jaringan kulit ataupun jaringan tubuh lainnya. Luka terbuka pada berbagai macam anggota tubuh mungkin saja berukuran kecil namun bisa saja menjadi lebih serius jika tidak diobati dengan baik.

Kulit merupakan organ terluar pada tubuh yang dapat melindungi dari kuman, bakteri, jamur, dan juga virus dari luar tubuh. Jaringan kulit yang rusak disebabkan oleh luka dapat menyebabkan kuman masuk ke dalam tubuh kita dan kemudian menyebabkan infeksi.
Jika anda terluka, berikut adalah beberapa pertolongan pertama yang dapat digunakan di dalam rumah

1. Membersihkan luka
Jangan lupa untuk membersihkan tangan anda dengan air hangat dan juga sabun sebelum membersihkan luka. Kemudian lakukan pembersihan pada luka dengan menggunakan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

2. Gunakan antiseptik
Gunakan antiseptik alami seperti gel lidah buaya yang dapat digunakan sebagai obat luka jatuh cepat kering. Penggunaan gel lidah buaya pada luka dapat mencegah bakteri maupun kotoran lain menempel pada luka dan menyebabkan infeksi karena adanya sifat antiseptik.

3. Oleskan antibiotik
Oleskan krim atau salep antibiotik untuk menjaga kelembapan pada permukaan luka. Adanya antibiotik tidak akan mempercepat proses menyembuhan luka, namun dapat menjadi pencegah infeksi bakteri.

4. Minum obat pereda rasa sakit
Obat Pereda rasa sakit terkadang dibutuhkan jika anda memiliki luka yang menyebabkan rasa sakit dan juga berukuran besar. Jika luka terasa menyakitkan dan rasa menyakitkan tidak hilang selama beberapa hari, anda dapat meminum obat yang dapat menghilangkan rasa sakit yang dijual tanpa menggunakan resep dokter, seperti paracetamol.
Namun hindari konsumsi aspirin, karena hanya berisiko dapat memperpanjang waktu pendarahan

5. Menutup luka dengan perban
Tutup luka menggunakan perban untuk mencegah infeksi bakteri yang berbahaya sekaligus menjaga agar luka tetap bersih. Penggunaan kapas ini harus diganti secara berkala, yaitu dua kali sehari saat perban sudah menjadi basah dan kotor.

Berikut beberapa pertolongan pertama pada luka yang dapat dilakukan di dalam rumah. Kunjungi https://www.guesehat.com/penanganan-tepat-ketika-kulit-terbakar untuk tips tentang penanganan tepat jika kulit anda terbakar.