Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Perkembangan Anak

perkembangan anak

Perkembangan anak merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dengan seksama oleh orang tua. Dari sejak anak masih dalam kandungan hingga lahir dan bertumbuh kembang dari waktu ke waktu sebaiknya orang tua memperhatikannya dengan baik. Hal ini karena dengan perhatian dan perlakuan yang benar maka anak akan tumbuh dengan baik baik dari segi fisik maupun mental.

Salah satu fase tumbuh kembang anak yang harus benar benar diperhatikan oleh setiap orang tua adalah ketika mereka berada dalam usia emas atau golden age perkembangan mereka.  Tumbuh kembang anakdi usia meas ini sangat krusial dan penting karena akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan mereka di masa masa selanjutnya.Terlebih lagi fase pertumbuhan anak di usia ini hanya akan terjadi sekali saja sehingga kita orang tua harus benar benar memperhatikannya.

Pada usia ini anak anak akan mulai berkembang baik dari segi kecerdasan, emosi maupun fisiknya. Dan agar perkembangan ini berjakan dengan baik maka beberapa hal harus diperhatikan oleh orang tua si anak. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

- Pemberian makanan yang bergizi dan cocok untuk anak usia tersebut, 
makanan merupakan salah satu hal pokok yang dibutuhkan oleh manusia termasuk yang masih anak anak untuk bertumbuh. Dengan memberikan makanan yang bergizi dan sesuai dengan umur anak maka anak akan bisa tumbuh dengan baik baik itu dari segi fisik maupun kecerdasan otaknya. Dan dalam pemberian makanan tersebut selain hars tepat angka kecukupan gizinya juga harus sesuai ukuran atau jumlahnya. Jangan sampai terlalu sedikit atau terlalu banyak. Karena tak jarag ada anak yang mengalami obesitas karena pemberian porsi makanan yang terlalu banyak. Di samping itu pastikan juga menghindari pemberian makanan kepada anak yang mengandung pewarna, perasa buatan dan pengawet karena bisa berbahaya untuk tumbuh kembang anak itu sendiri.

- Berikan stimulus atau rangsangan untuk perkembangan kecerdasan otak anak. Agar seorang anak bis atumbuh dengan baik kecerdasannya baik itu kecerdasan motorik, kognitif maupun yang lainnya. Salah satu contoh stimulus atau rangsangan yang bisa memacu pertumbuhan kecerdasan anak ini adalah dengan mengajaknya bermai permainana yang membutuhkan gerak seperti lempar tangkap bola dan yang sejenisnya. Untuk perkembangan kecerdasan kognitif bisa dilakukan dengan memberikan stimulus yang memungkinkan anak untuk berpikir seperti menyusun puzzle misalya.

- Biarkan anak bersosialisai dengan lingkungannya, agar anak bisa tumbuh baik dalam hal emosi dan yang lainnya maka anak sebaiknya di ajarkan untuk bersosialisai dengan lingkungannya. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara seperti misalnya anak diajak untuk bermain bersam dengan anak anak lain dengan umur yang sebaya. Dengan bermain bersama ini diharapkan anak akan bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang yanga da di sekitarnya.

- Berikan contoh yang baik, anak pada usia tersebut biasanya sering meniru perbuatan orang orang yang ada di sekitarnya. Dan sebagai orang tua yang senatiasa berada di sekitar anak maka sebaiknya lakukanlah hal hal yang baik yang bisa diteladani sang anak. Jangan smapai kita melakukan hal yang tidak pantas dan ditiru oleh anak. 

- Hindarkan anak dari hal yang membahayakan kesehatannya, anak anak terkadang memiliki daya tahan yang tidak terlalu bagus maka sebinya hindarkalah anak anak dari hal yang membahayakan kesehatannya seprti jangan biarkan anak berada di lingkunga yang dipenuhi dengan asap rokok.