Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Penginapan Saat Berada di Luar Kota



Saat kita bepergian ke luar kota dalam jangka waktu yang cukup lama maka salah satu hal yang perlu kita perhatikan adalah sarana akomodasi atau tempat kita menginap selama tinggal di sana. Untuk kita yang memiliki saudara atau kerabat yang bertempat tinggal di kota tersebut mungkin saja hal tersebut bukan masalah karena bisa saja numpang di tempat mereka selama beberapa waktu. Akan tetapi untuk yang tidak punya kenalan atau merasa sungkan untuk numpang maka menyewa tempat penginapan adalah pilihan yang paling masuk akal.


Nah dalam memilih tempat menginap ini tentunya tidak bisa sembarangan saja dalam memilihnya. Ada beberapa hal yang patut kita pertimbangkan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :


Budget yang Kita Miliki

Hal pertama  yang perlu kita perhatikan sebelum memutuskan untuk menginap dimana adalah berapa budget yang kita punya untuk keperluan akomodasi. Jika memang budget kita tidak terbatas kita bisa bebas menentukan akan menginap di manapun. Akan tetapi jika budget kita terbatas maka kita perlu pintar pintar memilih penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kita. Memilih penginapan dengan tarif per malam yang murah adalah pilihan paling tepat untuk kita kita yang berdompet tipis.


Jenis Penginapan yang Akan Digunakan

Hal selanjutnya yang juga perlu untuk kita jadikan bahan pertimbangan adalah akan menginap di mana ? Apakah kita akan menginap di hotel, sewa apartemen harian, sewa homestay, guest house, losmen, motel atau penginapan jenis lainnya. Masing masing pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kita bisa memilih jenis penginapan ini sesuai dengan budget dan kebutuhan kita. Misalkan saja budget kita sangat terbatas maka kita bisa memilih menginap di losmen. Sementara jika kita bepergian bersama anggota keluarga atau teman dalam jumlah yang cukup banyak memilih homestay bisa kita jadikan pilihan.


Lokasi Penginapan

Hal selanjutnya yang juga perlu untuk diperhatikan adalah soal lokasi dari penginapan yang akan kita gunakan. Usahakan memilih lokasi penginapan yang dekat dengan kegiatan kita selama berada di kota tersebut. Misalnya kita berada di kota tersebut untuk bekerja maka usahakan memilih penginapan yang lokasinya dekat dengan kantor kita. Atau kalaupun lokasinya jauh pastikan ada cukup banyak sarana transportasi yang bisa menjangkau penginapan tersebut dan jalannya mudah untuk dilalui serta aman.


Fasilitas

Soal fasilitas dari tempat kita akan menginap juga perlu dijadikan bahan pertimbangan sebelum memilihnya. Pastikan fasilitas yang kita butuhkan ada di tempat penginapan tersebut. Sebagai contoh untuk kita yang berkunjung di daerah dengan suhu yang cukup panas maka ada baiknya memilih penginapan yang ber AC. Fasilitas keamanan juga perlu menjadi salah satu pertimbangan utama yang perlu kita pakai saat akan memilih penginapan.


Rating

Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan rating ataupun review dari sebuah tempat penginapan melalui internet. Pilihlah penginapan yang ratingnya bagus atau mendapatkan review bagus dari para pengunjung atau orang orang yang pernah menginap di sana. Atau jika kita ada teman yang pernah pergi ke kita tersebut kita bisa minta pertimbangan mereka  penginapan mana yang kira kira cocok dengan kita.