Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Agar Terhindar dari DBD di Rumah

Di Indonesia, Demam Berdarah Dengue sudah menjadi penyakit yang rutin terjadi di negara tropis. Seseorang dapat terjangkit penyakit DBD sebab sakit ini ditularkan dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Hal ini pun dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti faktor alam dari suhu lembap sampai curah hujan.
Umumnya demam berdarah diakibatkan oleh virus dengue. Daya tahan tubuh sangat berperan aktif dalam mencegah virus tersebut jadi masalah bahkan penyakit yang mengancam jiwa. Multivitamin atau penguat imun bisa Anda minum bila diperlukan. Kalau pun terkena DBD Anda bisa meminum obat demam berdarah dari resep dokter.
Tips Mencegah DBD di rumah
Karena mencegah lebih baik daripada mengobati maka langkah pencegahan perlu dilakukan, sebelum Anda maupun anggota keluarga lainnya terjangkit DBD.
1. Rumah Bersih dan Sehat
Cara paling sederhana akan tetapi sering kali diabaikan oleh sebagian orang. Bila rumah Anda bersih pastinya akan terhindar dari penyakit. Kebanyakan penyakit datang dari bakteri dan hewan-hewan yang hidup di tempat lembap dan kotor miasalnya saja nyamuk. Agar nyamuk Aedes Aegypti ini tidak berkembang biak, bersihkan penampungan air Anda secara rutin.
2. Gunakan Bubuk Larvasida
Penggunaan larvasida sangat berguna membasmi jentik beserta telur nyamuk Aedes Aegypti, terlebih pada tempat-tempat penampung air tapi sukar dikuras. Pemakaian bubuk ini tak hanya saat talang air penuh, namun sewaktu kosong juga perlu ditaburkan. Sebab terdapat fakta bahwa telur dan jentik nyamuk ini dalam waktu 3-6 bulan dapat bertahan di tempat kering.
3. Mencegah Gigitan Nyamuk dengan Obat Anti Nyamuk
Penularan demam berdarah berasal dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Oleh karena itu, hal yang harus dilakukan yakni cegah si nyamuk untuk menggigit kulit Anda dengan memakai losion anti nyamuk atau dengan memasang kelambu sesaat sebelum Anda tidur. Pilih pencegahan tersebut yang menurut Anda nyaman terutama ketika beranjak tidur. Istirahat yang cukup dan berkualitas penting dalam menjaga kesehatan.
Pentingnya Anda sadari tips kesehatan di atas untuk mencegah DBD perlu dilakukan, mengingat bahaya yang diterima jika melalaikan pencegahan DBD di rumah.