Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengulas Tentang Zinc Suplementasi yang Efektif untuk Diare Anak

Diare merupakan sebuah kondisi dimana bakteri tidak baik menyerang sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Kondisi ini biasanya banyak dialami oleh anak balita, dimana sistem pencernaan dalam tubuh mereka memang masih rentan terhadap berbagai jenis makanan yang masuk. Jika tidak ditangani dengan tepat diare pada anak, selain dapat mengakibatkan rasa lemas karena berkurangnya banyak cairan dalam tubuh, diare pun dapat menyebabkan berbagai infeksi serta gangguan pada tumbuh kembang anak. Untuk mengatasi permasalahan diare dalam diri anak balita penambahan cairan dalam tubuh menjadi alternatif utama yang biasanya akan diberikan oleh para ahli kesehatan, jika memang kondisi diare yang dialami cukup parah.

Selain dengan memberikan cairan tubuh tambahan, pemberian suplement zinc pada balita yang mengalami diare akut, secara umum juga banyak digunakan oleh para ahli kesehatan. Bahkan badan kesehatan dunia pun juga menganjurkan pemberian suplement zinc tersebut dalam kurun waktu 10 hingga 14 hari, bagi balita yang memang mengalami diare dengan kondisi yang akut. Mengingat pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare inilah para ahli kesehatan juga menyarankan untuk memberikan zinc secara rutin dalam waktu tertentu pada balita.

Pemberian suplement zinc secara rutin pada balita, memang telah terbukti membawa dampak yang positif dalam tubuh mereka. Berikut ini beberapa manfaat positif dari suplement zinc bagi balita, yang antara lain adalah:

  • Pembentuk sistem kekebalan tubuh yang mampu mencegah diare, infeksi pernapasan dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.
  • Membantu pembentukan sistem sel dalam tubuh, serta membantu sistem metabolisme dalam tubuh.
  • Membantu proses tumbuh kembang anak menjadi lebih kuat.

Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare serta pengaruh positifnya bagi proses tumbuh kembang inilah, sudah sewajarnya jika kita memperhatikan kebutuhan zinc pada putra putri kita. Berikanlah suplement zinc ini dengan takaran 3 mg perhari, untuk anak dibawah 5 tahun. Sedangkan untuk anak diatas 5 tahun kandungan zinc sebesar 5mg wajib untuk diberikan. Tidak hanya untuk anak saja, zinc juga dibutuhkan oleh kita sebagai orang dewasa.