Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Kesuksesan Mayora Menguasai Market Share Produk Makanan Minuman


Jika kita berbicara tentang brand yang menguasai market share untuk aneka produk makanan dan minuman di Indonesia maka mayora adalah salah satu diantaranya. Melalui berbagai produk yang mereka hasilkan mereka sukses berkompetisi dengan pesaingnya di dalam negeri. Bahkan beberapa produk mereka berhasil di pangsa pasar luar negeri.

Beberapa contoh produk dari mayora indah yang cukup sukses di pasaran ini antara lain adalah produk permen, air mineral, cereal, kopi sachet, biskuit, dan lain sebagainya.


Untuk produk permen kebanyakan dari kita tentunya sudah cukup familiar dengan brand kopiko. Permen yang pernah mengusung tagline gantinya ngopi ini merupakan salah satu contoh keberhasilan mayora di pangsa pasar permen. Untuk air mineral mayora mempunyai produk le minerale yang terkenal dengan slogan ada manis manisnya. Sedangkan produk kopi sachet tentu sebagian besar dari kita sudah cukup akrab dengan torabika yang memiliki berbagai varian. Demikian juga dengan produk sereal dari mayora yakni energen yang sangat populer di masyarakat. Beberapa produk populer lain dari mayora misalnya adalah astor, choki choki, Roma Marie Susu, Roma Marie Susu Gold, Roma kelapa, slay olai, beng beng, tamarin dan lain sebagainya. Hampir sebagian produk mayora ini terbilang sukses di pasaran.


Kesuksesan dari mayora dengan produk produknya sendiri juga tergambar dalam laporan tahunan mereka. Dimana pada laporan tahunan yang juga memuat laporan keuangan mayora ini tergambar keuntungan yang mereka peroleh dari penjualan produk produknya.


Kesuksesan dari mayora baik di dalam maupun luar negeri ini tentunya tak terlepas dari sejumlah strategi yang mereka terapkan selama ini. Beberapa penerapan strategi ini terutama dalam hal rasa, harga serta pendistribusian.


Untuk soal rasa mayora membuat produk dengan rasa yang menyesuaikan selera penduduk di daerah tersebut. Sehingga rasa antara produk produk mayora di Indonesia tentunya bisa berbeda dengan produk mayora yang di jual di filipina atau negara asia tenggara lainnya. Untuk masalah harga agar bisa mendapatkan konsumen loyal maka biasanya mayora menjual produk dengan harga yang relatif terjangkau sesuai target pasarnya. Hal distribusi mayora juga sangat serius mengurusnya sehingga tak mengherankan jika mereka sudah memiliki ribuan retailer serta sejuta lebih outlet.