Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengganti Spare Parts Kendaraan Bermotor

Spare Part

Spare parts atau suku cadang memegang peranan yang sangat penting dalam keberadaan sebuah kendaraan bermotor entah itu mobil, sepeda motor maupun kendaraan lainnya. Kondisi spare parts pada sebuah kendaraan ini sangat menentukan kenyamanan pengendaranya. Bahkan untuk beberapa spare parts tertentu seperti rem dan ban selain mempengaruhi kenyamanan juga berpengaruh cukup besar terhadap keamanan pengguna kendaraan tersebut. Oleh karena itu di samping kita harus secara rutin mengecek kondisi dari komponen komponen kendaraan yang kita miliki kita juga harus merawat (memaintenace) komponen komponen kendaraan tersbut sesuai ketentuan. Dan jika terjadi gangguan  pada salah satu bagian komponen sepeda motor yang kita punyai maka segera perbaiki jika memang masih memungkinkan untuk dilakukan perbaikan. Namun jika ternyata salah satu atau lebih komponen sudah tidak bisa diperbaiki maka segeralah ganti dengan suku cadang yang baru. Hal ini perlu dilakukan karena jika tidak diganti maka bisa jadi kerusakan akan merembet ke bagian yang lain. Misalnya kerusakan yang terjadi pada aki sepeda motor bisa merembet ke bagian kelistrikan lainnya seperti lampu dan lain sebagainya.

Tentu saja untuk mengganti spare parts dari sebuah sepeda motor tidaklah bisa dilakukan secara sembarangan saja. Karena mengganti spare parts sepeda motor dengan asal asalan disamping dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada sepeda motor bisa juga membahayakan diri kita. Sebagai contoh jika kita mengganti rem sepeda motor secara asal asalan kemudian saat dipakai tidak bisa berfungsi dengan baik maka bisa jadi diri kita dalam bahaya.

Untuk itu sebelum ganti spare parst ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Pakailah spareparts yang direkomendasikan oleh pabrikan motor
Untuk mengganti spare parts sebuah sepeda motor tentu saja harus diganti dengan yang sesuai dengan ketentuan. Misalnya saja jika motor kita adalah yamaha mio soul maka spare parts yang dipakai juga harus yang memang diperuntukkan untuk motor tersebut. Pastikan juga spek dari spareparts juga harus sesuai misalnya saja saat aki sepeda motor kita yang memiliki tegangan sebesar 12 volt dengan kapasitas 5 AH mengalami kerusakan maka gantinya juga harus aki yang memiliki spek yang sama.

Pastikan Keaslian Spare Parts
Karena saat ini tidak jarang ada beberapa spare parts yang dipalsukan maka sebelum kita membelinya kita harus tahu keaslian dari spare parts tersebut. Kita sebaiknya bisa membedakan antara spare parts yang asli dengan yang palsu dengan melihat ciri cirinya. Asli atau tidaknya sebuah spare parts terkadang juga bisa dibedakan dengan melihat harga jual dari spare parts tersebut. Spare parts yang asli biasanya dijual dengan harga yang masuk akal sedangkan untuk spare parts tiruan seringnya harganya berada di bawah harga pasar. Oleh karena itu sebaiknya kita jangan mudah tergiur dengan spare parts yang harganya terlalu murah. Pada spare parts asli biasanya juga dilengkapi dengan nomor seri yang terdaftar dan juga dilengkapi engan hologram khusus. Atau jika kita kurang yakin maka sebaiknya belilah di tempat resmi yang memang sudah menjadi dealer dari pabrikan motor tersebut.

Pasang Spare Parts Sesuai Ketentuan
Selain dalam hal pembelian hal lain yang harus diperhatikan dalam penggantian spare parts sepeda motor adalah dalam hal pemasangannya. Hendaknya kita memasang spare parts sebagai mana mestinya. Jika kita memang tidak bisa memaangnya sendiri maka tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa bengkel yang ada.