Langsung ke konten utama

Murah dan Hemat Budget, Ini Dia 6 Jenis Bahan Pokok yang Selalu Hadir dalam Berbagai Macam Olahan Kue

sumber:flavourtownbakery.com
Memasak merupakan suatu kegiatan yang digemari oleh banyak kalangan, baik itu untuk pria maupun wanita. Karena dengan bisa memasak kamu akan memiliki daya tarik tersendiri, lho. Ada yang menyalurkannya sebagai hobi atau bisa juga sebagai ide usaha seperti membuat kue kering ataupun kue basah. Namun jika ingin membuat kue, kamu juga harus mengenali bahan-bahannya terlebih dahulu. Apa saja bahan-bahan yang perlu kamu ketahui? Dibawah ini adalah bahan-bahan yang sering dipakai untuk membuat olahan kue.

1. Tepung

Sumber : idntimes.com
Apapun jenis kue nya, tepung pasti selalu hadir di dalamnya. Karena tepung memiliki peran penting dalam pembuatan kue kering ataupun kue basah. Tepung seringkali digunakan karena bahannya yang mengandung berbagai macam protein. Seperti protein tinggi, protein sedang dan juga protein rendah. Ada berbagai macam jenis tepung, seperti tepung kanji, tepung tapioka, tepung meizena, tepung beras, tepung terigu, dan masih banyak jenis tepung lainnya. Di Dalam tepung sendiri memiliki kadar protein yang berbeda-beda. Dan tepung yang sering digunakan untuk membuat olahan kue adalah tepung terigu atau tepung yang memiliki protein rendah.

2. Telur

sumber : motherandbaby.co.id
Telur juga memiliki peran penting dalam pembuatan kue. Kue kering maupun kue basah pasti membutuhkan telur. Karena telur dapat mempengaruhi tekstur kue yang ingin kamu buat. Telur utuh, kuning telur dan putih telur memiliki peran masing-masing dalam pembuatan kue. Telur utuh berperan sebagai pengikat yang membuat adonan menjadi lebih menyatu. Kuning telur disini berperan sebagai pemberi warna dan kuning telur juga bisa membuat adonan menjadi lebih lembut. Sedangkan putih telur berperan sebagai pengembang jika disatukan atau dikocok bersamaan dengan gula.

3. Margarin

Sumber : vradiofm.com
Selain digunakan untuk olesan roti, margarin juga termasuk ke dalam bahan pokok pembuatan kue. Karena margarin dapat membuat tekstur kue menjadi lebih lembut dan adonan menjadi lebih harum. Margarin sering digunakan sebagai pengganti mentega, karena kandungan lemaknya lebih rendah dibandingkan kandungan lemak yang ada di dalam mentega.

4. Gula

 Sumber : hellosehat.com
Sebelumnya siapa sih yang belum mengenal gula? Pasti gula sudah tidak asing didengar dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, tahukah kamu? Gula terdiri dari beragam jenis, lho. Seperti gula merah, gula pasir, gula batu, gula halus, gula kristal dan masih banyak lagi jenis gula lainnya. Akan tetapi jenis gula yang sering kita gunakan sebagai pemanis dalam berbagai macam makanan dan minuman adalah gula pasir. Gula pasir juga adalah salah satu jenis gula yang sering digunakan saat pembuatan kue.

5. Pengembang


Dalam pembuatan kue pasti kamu membutuhkan pengembang agar hasilnya lebih maksimal. Karena selain rasa, rupa juga sangat berpengaruh dalam pembuatan kue. Pengembang juga memiliki berbagai macam jenis, lho. Ragi instan atau sering disebut fermipan adalah salah satu pengembang yang digunakan sebagai bahan pengembang pembuatan roti. Sedangkan pembuatan kue menggunakan pengembang baking powder atau soda kue. 

Jika kamu masih belum paham perbedaan baking powder dengan soda kue, kamu bisa cari tahu di artikel ini. Baking powder sendiri dapat membuat adonan mengembang ke atas, sedangkan soda kue dapat membuat adonan mengembang ke samping. Gelembung yang dihasilkan karbondioksida dari pengembang membuat adonan mengembang lebih maksimal. Well, jangan lupakan pengembang ya, karena tanpa pengembang kue yang dihasilkan pasti akan terlihat bantat dan tentunya tidak menarik.

6. Pengempuk

Sumber : picuki.com
Nah, selain pengembang, pengempuk juga sangat penting. Kalau rupanya sudah oke pasti rasanya juga harus oke dong. Pengempuk juga terdiri dari beberapa macam dan pengempuk yang sering didapatkan atau mudah dicari adalah TBM dan SP. TBM yang dipercaya dapat melembutkan adonan kue karena terbuat dari digliserida. Sedangkan SP selain dipercaya dapat melembutkan, SP juga dapat membuat adonan lebih menyatu.

Setelah tahu apa saja bahan pokok pembuatan kue karena mudah dicari dan tentunya tidak menguras dompet. Apakah kamu masih ragu untuk membuatnya? Jangan takut untuk mencoba, semoga berhasil

Postingan populer dari blog ini

Cara Membedakan Celana Jeans Pria Levi’s yang Asli dan Palsu

Tidak dapat dipungkiri memang pengunaan celana jeans ini begitu simple tetapi mampu membawa kesan yang elegan. Pengunaannya pun bisa dilakukan untuk banyak suasana kegiatan dengan tetap mengedepannya kenyamanan saat Anda menggunaknnya. Dilihat dari beberapa fungsinya dan manfaat pengunaanya tersebut saja yang begitu penting sudah wajar bila banyak banyak orang mempunyai celana jeans tersebut. Bisa dibilang hampir semua orang mempunyai produk celana jeans mulai dari tua muda, laki-laki atau perempuan perempuan. Terutama bagi laki-laki yang dalam pengunaan celana tersebut sering dijadikan pilihan utama karena fashion laki-laki yang tidak seribet perempuan. Nah, salah satu dari produsen celana jeans pria tersebut yang produknya tidak pernah sepi dibeli masyarakat di seluruh dunia adalah celana jeans merek Levi’s. Sebenarnya merek Levis’s ini tidak hanya menyediakan produk celana jeans untuk laki-laki saja tetapi juga produk lainnya untuk perempuan dan laki-laki seperti jaket. Namun m

Meja Staff Ideal

Fungsi meja kantor yang pada umumnya untuk membaca, menulis dan aktivitas lainya, kini mulai bergeser fungsi sesuai dengan berkembangya waktu. Meja kantor untuk para staff haruslah memiliki banyak ruang untuk memberikan keleluasaan karyawan untuk berkerja. Tak hanya sebagai sebuah furnitur biasa, Meja Staff haruslah didesain senyaman mungkin untuk menunjang aktivitas karyawan dalam bekerja. Meja Staff  yang ideal pada masa kini haruslah menyediakan beberepa laci yang disertai kunci agar bisa menyimpan file penting dan barang pribadi, tidak hanya satu laci, biasanya meja staff ini terdiri dari 3 laci. Selain itu harus terdapat ruang untuk menempatkan peralatan kantor seperti alat tulis yang sangat mudah diraih. Dan terakhir harus terdapat ruang besar dalam penempatan alat-alat modern perkantoran seperti komputer, mesin fax, telepon dan lain-lain. Meja perkantoran untuk para staff ini juga harus didesain semenarik mungkin, selain agar lebih enak dipandang oleh anda, klien kant

Nganu itu apa ?

Nganu kita pasti sudah pernah mendengar kata ini atau bahkan tak jarang mengucapkannya. Lalu apasih sebenarnya nganu itu sendiri ? Nganu bisa dibilang satu buah kata yang memiliki berbagai macam makna, tergantung konteks pembicaraan yang sedang dilakukan oleh orang.