Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BEGINILAH CARA KERJA TRANSFORMATOR


Transformator atau yang biasa disebut sebagai trafo merupakan salah satu komponen dalam elektronika. Tugas utama transformator yakni untuk mengubah tekanan bolak-balik pada tegangan AC ke taraf tertentu. Prinsip kerja transformator bekerja dengan prinsip tegangan elektromagnetik. Yaitu hanya dapat bekerja pada tegangan dengan arus bolak-balik (AC).

Peran Transformator Dalam Kehidupan Sehari – hari

Transformator merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dimana benda yang satu ini sangat penting perannya dalam proses pendistribusian listrik.

Contoh kongkret perannya dalam kehidupan sehari-hari adalah dimana benda ini memiliki peran yang sangat penting.

Terutama dalam pendistribusian listrik dari pembangkit listrik PLN yang kemudian disalurkan ke rumah-rumah penduduk.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai prinsip kerja transformator. Terlebih dahulu kita akan membahas tentang fungsi dan jenis-jenis transformator.

Cara Kerja Transformator

Secara sederhana cara kerja transformator adalah seperti perputaran tegangan arus bolak balik (AC). Lebih detailnya tentang cara kerja ini adalah ketika lilitan primer dihubungkan dengan tegangan arus bolak balik maka menimbulkan perubahan arus listrik pada lilitan primer yang mempengaruhi medan magnet. Medan magnet yang telah berubah ini semakin diperkuat dengan adanya inti besi dan inti besi tersebut menghantarkannya ke lilitan sekunder. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya ggl induksi pada masing-masing ujung lilitan sekunder. Efek dari peristiwa ini dinamakan induktansi timbal balik (mutual inductance). Prinsip kerja ini sama dengan induksi elektromagnetik dimana kesamaan ini adalah terdapat penghubung magnetik diantara sisi primer dan sisi sekunder.

Seperti yang telah diungkapkan pada paragraf pertama bahwa terdapat dua prinsip hukum dalam sebuah cara kerja transformator yaitu hukum induksi faraday dan hukum Lorenz. Dalam hukum induksi faraday menjelaskan bahwa gaya listrik melalui garis lengkung yang tertutup berbanding lurus dengan perubahan persatuan waktu dimana arus induksi dilingkari oleh lengkungan itu. Sedangkan hukum Lorentz menjelaskan bahwasanya arus bolak balik yang beredar mengelilingi inti besi berakibat pada berubahnya inti besi tersebut menjadi magnet. Kemudian apabila magnet tersebut dikelilingi oleh suatu lilitan, maka lilitan tersebut akan mempunyai perbedaan tegangan pada kedua ujung lilitannya. Dari kedua hukum ini dapat disimpulkan bahwa baik hukum induksi faraday maupun hukum Lorenz diterapkan dalam bagaimana transformator bekerja.

Penting sekali bukan untuk melakukan Jasa Perawatan Trafo untuk kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai dunia perlistrikan anda bisa klik Sewatama