Langsung ke konten utama

BEGINILAH CARA KERJA TRANSFORMATOR


Transformator atau yang biasa disebut sebagai trafo merupakan salah satu komponen dalam elektronika. Tugas utama transformator yakni untuk mengubah tekanan bolak-balik pada tegangan AC ke taraf tertentu. Prinsip kerja transformator bekerja dengan prinsip tegangan elektromagnetik. Yaitu hanya dapat bekerja pada tegangan dengan arus bolak-balik (AC).

Peran Transformator Dalam Kehidupan Sehari – hari

Transformator merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dimana benda yang satu ini sangat penting perannya dalam proses pendistribusian listrik.

Contoh kongkret perannya dalam kehidupan sehari-hari adalah dimana benda ini memiliki peran yang sangat penting.

Terutama dalam pendistribusian listrik dari pembangkit listrik PLN yang kemudian disalurkan ke rumah-rumah penduduk.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai prinsip kerja transformator. Terlebih dahulu kita akan membahas tentang fungsi dan jenis-jenis transformator.

Cara Kerja Transformator

Secara sederhana cara kerja transformator adalah seperti perputaran tegangan arus bolak balik (AC). Lebih detailnya tentang cara kerja ini adalah ketika lilitan primer dihubungkan dengan tegangan arus bolak balik maka menimbulkan perubahan arus listrik pada lilitan primer yang mempengaruhi medan magnet. Medan magnet yang telah berubah ini semakin diperkuat dengan adanya inti besi dan inti besi tersebut menghantarkannya ke lilitan sekunder. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya ggl induksi pada masing-masing ujung lilitan sekunder. Efek dari peristiwa ini dinamakan induktansi timbal balik (mutual inductance). Prinsip kerja ini sama dengan induksi elektromagnetik dimana kesamaan ini adalah terdapat penghubung magnetik diantara sisi primer dan sisi sekunder.

Seperti yang telah diungkapkan pada paragraf pertama bahwa terdapat dua prinsip hukum dalam sebuah cara kerja transformator yaitu hukum induksi faraday dan hukum Lorenz. Dalam hukum induksi faraday menjelaskan bahwa gaya listrik melalui garis lengkung yang tertutup berbanding lurus dengan perubahan persatuan waktu dimana arus induksi dilingkari oleh lengkungan itu. Sedangkan hukum Lorentz menjelaskan bahwasanya arus bolak balik yang beredar mengelilingi inti besi berakibat pada berubahnya inti besi tersebut menjadi magnet. Kemudian apabila magnet tersebut dikelilingi oleh suatu lilitan, maka lilitan tersebut akan mempunyai perbedaan tegangan pada kedua ujung lilitannya. Dari kedua hukum ini dapat disimpulkan bahwa baik hukum induksi faraday maupun hukum Lorenz diterapkan dalam bagaimana transformator bekerja.

Penting sekali bukan untuk melakukan Jasa Perawatan Trafo untuk kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai dunia perlistrikan anda bisa klik Sewatama

Postingan populer dari blog ini

Cara Membedakan Celana Jeans Pria Levi’s yang Asli dan Palsu

Tidak dapat dipungkiri memang pengunaan celana jeans ini begitu simple tetapi mampu membawa kesan yang elegan. Pengunaannya pun bisa dilakukan untuk banyak suasana kegiatan dengan tetap mengedepannya kenyamanan saat Anda menggunaknnya. Dilihat dari beberapa fungsinya dan manfaat pengunaanya tersebut saja yang begitu penting sudah wajar bila banyak banyak orang mempunyai celana jeans tersebut. Bisa dibilang hampir semua orang mempunyai produk celana jeans mulai dari tua muda, laki-laki atau perempuan perempuan. Terutama bagi laki-laki yang dalam pengunaan celana tersebut sering dijadikan pilihan utama karena fashion laki-laki yang tidak seribet perempuan. Nah, salah satu dari produsen celana jeans pria tersebut yang produknya tidak pernah sepi dibeli masyarakat di seluruh dunia adalah celana jeans merek Levi’s. Sebenarnya merek Levis’s ini tidak hanya menyediakan produk celana jeans untuk laki-laki saja tetapi juga produk lainnya untuk perempuan dan laki-laki seperti jaket. Namun m

Meja Staff Ideal

Fungsi meja kantor yang pada umumnya untuk membaca, menulis dan aktivitas lainya, kini mulai bergeser fungsi sesuai dengan berkembangya waktu. Meja kantor untuk para staff haruslah memiliki banyak ruang untuk memberikan keleluasaan karyawan untuk berkerja. Tak hanya sebagai sebuah furnitur biasa, Meja Staff haruslah didesain senyaman mungkin untuk menunjang aktivitas karyawan dalam bekerja. Meja Staff  yang ideal pada masa kini haruslah menyediakan beberepa laci yang disertai kunci agar bisa menyimpan file penting dan barang pribadi, tidak hanya satu laci, biasanya meja staff ini terdiri dari 3 laci. Selain itu harus terdapat ruang untuk menempatkan peralatan kantor seperti alat tulis yang sangat mudah diraih. Dan terakhir harus terdapat ruang besar dalam penempatan alat-alat modern perkantoran seperti komputer, mesin fax, telepon dan lain-lain. Meja perkantoran untuk para staff ini juga harus didesain semenarik mungkin, selain agar lebih enak dipandang oleh anda, klien kant

Nganu itu apa ?

Nganu kita pasti sudah pernah mendengar kata ini atau bahkan tak jarang mengucapkannya. Lalu apasih sebenarnya nganu itu sendiri ? Nganu bisa dibilang satu buah kata yang memiliki berbagai macam makna, tergantung konteks pembicaraan yang sedang dilakukan oleh orang.