Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Pelumas yang Tepat untuk Motor Matic Anda

oli matic evalube scootic

Sepeda motor adalah salah satu kendaraan yang banyak dimiliki oleh orang di Indonesia. Kebanyakan orang menggunakan sepeda motor ini sebagai kendaraan harian yang rutin dipakai tiap hari. Karena pemakain yang terus-menerus ini maka lama kelamaan sepeda motor akan mengalami kerusakan baik berupa kerusakan ringan maupun kerusakan berat. Salah satu hal yang mempercepat terjadinya kerusakan ini adalah seringnya timbul panas yang berlebih pada mesin sepeda motor ketika sedang dipergunakan. Panas berlebihan yang terjadi secara terus-menerus tentunya akan mengakibatkan kinerja mesin terganggu dan jika dibiarkan begitu saja maka mesin sepeda motor bisa rusak parah. Di samping mengakibatkan kerusakan pada mesin sepeda motor, timbulnya panas berlebih pada mesin motor juga bisa mengakibatkan penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

Optimalisasi Pelumasan pada Mesin Sepeda Motor

Panas yang terjadi pada mesin motor ini biasanya terjadi karena adanya gesekan antar komponen yang bergerak ketika sepeda motor sedang beroperasi. Panas pada mesin juga bisa terjadi jika keadaan mesin terlalu kotor sehingga kotoran ini akan memberatkan kinerja mesin dan mesin sepeda motor menjadi naik suhunya. Timbulnya gesekan yang menyebabkan panas berlebih ini biasanya karena sistem pelumasan pada mesin tidak optimal. Tentunya jika kita sudah mengetahui penyebab dari panas berlebih yang timbul pada mesin ini maka kita bisa mencegah dan mengatasi panas berlebihan tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir timbulnya panas berlebih pada sepeda motor ini adalah dengan mengoptimalkan sistem pelumasan yang ada pada sepeda motor.


Upaya optimalisasi sistem pelumasan pada mesin sepeda motor ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak pelumas atau oli yang sesuai dengan mesin sepeda motor tersebut. Penggunaan oli yang tepat inilah yang kadang kadang orang abaikan, masih banyak orang yang asal asalan saja dalam memilih dan menggunakan oli untuk motornya. Padahal penggunaan oli yang tidak sesuai ini selain dapat menyebabkan tidak optimalnya sistem pelumasan juga bisa menimbulkan berbagai gangguan pada mesin yang berpotensi menimbulkan kerusakan pada motor.


Karena itulah mulai sekarang jika kita akan mengganti oli untuk sepeda motor maka pilihlah oli yang sesuai. Sebagai contoh saja jika sepeda motor kita adalah tipe motor matic maka akan lebih baik jika menggunakan minyak pelumas yang memang dikhususkan untuk motor matic. Demikian pula jika motor kita adalah motor tipe lainnya maka olinya pun juga harus menyesuaikan. Kita pun juga sebaiknya mengikuti rekomendasi dari pabrikan tentang oli apa yang cocok untuk merek sepeda motor kita.


Untuk oli yang dikhususkan bagi sepeda motor matic sendiri saat ini sudah ada sangat banyak jumlahnya dan bisa dengan mudah kita dapatkan baik di bengkel sekitar kita maupun secara online seperti di Shopee misalnya. Salah satu di antara oli motor matic ini adalah Evalube Scootic. Oli motor Evalube Scootic ini adalah sebuah oli motor matic yang mampu bekerja dengan maksimal untuk melumasi bagian bagian mesin motor matic. Dengan maksimalnya pelumasan ini akan mampu mendinginkan suhu dari mesin matic yang biasanya cukup panas ketika sedang dipakai, juga mampu mengikat kotoran sehingga tidak mengganggu bekerjanya mesin motor. Gesekan yang terjadi antar komponen pada mesin motor pun bisa dikurangi sehingga akan mencegah timbulnya keausan pada mesin sepeda motor.


Karena gesekan yang terjadi pada mesin berkurang maka kinerja dari mesin motor akan meningkat sehingga tarikan mesin motor matic akan terasa lebih enteng. Optimalnya kinerja mesin ini akan menjadikan pemakaian bahan bakar bensin menjadi lebih efisien dan irit. Dengan mesin dalam kondisi yang tidak terlalu panas maka oli yang ada pun tidak mudah untuk menguap sehingga oli tidak cepat berkurang dan lebih hemat tentunya.


Nah setelah Anda membaca mengenai kerja dari minyak pelumas Evalube Scootic yang dapat mencegah kerusakan pada sepeda motor matic maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakannya. Untuk membeli pelumas ini ada bisa mengunjungi Shopee dan mulai berbelanja sesuai keinginan Anda.