Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memanfaatkan SehatQ Untuk Menjaga Kesehatan Anak

 


Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi seorang manusia. Dengan tubuh yang sehat berbagai aktivitas bisa dijalankan dengan lebih optimal, sebaliknya jika tubuh tidak sehat maka aktivitas seringan apapun akan terasa berat. 
Karena itu sangat penting bagi seseorang untuk bisa menjaga kesehatan tubuhnya. Apalagi untuk anak anak yang sangat rentan terkena penyakit maka menjaga kesehatan adalah hal yang sangat vital. Hal ini karena umumnya anak anak masih memiliki daya tahan tubuh yang relatif lebih lemah jika dibandingkan dengan orang dewasa. Sehingga mereka lebih rentan sakit apalagi di awal musim penghujan seperti sekarang ini yang cuacanya tidak menentu.
Untuk menjaga kesehatan anak sendiri sebenarnya hampir sama dengan menjaga kesehatan orang dewasa. Beberapa contoh upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak antara lain adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dengan takaran atau porsi yang tepat, cukup istirahat serta olahraga secara teratur.
Namun tentu saja meski kita sudah berusaha sekeras mungkin untuk menjaga kesehatan anak adakalanya  anak anak masih bisa saja terserang penyakit. Ketika hal tersebut terjadi tentu saja orang tua perlu berupaya untuk mengatasi penyakit atau masalah kesehatan pada anak tersebut.
Jika masalah kesehatan atau sakit yang diderita anak masih termasuk ringan maka pemberian obat bebas yang bisa didapat di warung sekitar mungkin saja bisa kita lakukan. Akan tetapi jika sakit anak berlangsung dalam waktu yang lebih lama misalnya saja lebih dari 3 hari atau mengalami gangguan kesehatan yang sifatnya cukup serius maka kita perlu membawanya ke fasilitas kesehatan terdekat entah itu puskesmas, klinik atau rumah sakit. Di fasilitas kesehatan terdekat inilah anak bisa mendapatkan penanganan dari dokter yang berkompeten di bidangnya. 
Dan untuk mendapatkan informasi tentang fasilitas kesehatan terdekat ini kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Pemanfaatan teknologi ini misalnya saja dengan menggunakan aplikasi untuk bisa menemukan lokasi fasilitas kesehatan terdekat yang memiliki fasilitas serta sarana prasarana lengkap untuk masalah kesehatan anak. Dan salah satu aplikasi yang bisa dipakai untuk hal tersebut adalah SehatQ. Melalui aplikasi sehatq kita akan bisa menemukan lokasi puskesmas, klinik atau rumah sakit terdekat dengan tempat tinggal kita. Tak hanya menemukan lokasinya saja, dengan menggunakan sehatq kita juga bisa mendapatkan informasi lengkap soal faskes tersebut mulai dari jam operasionalnya, fasilitas yang ada di sana, poli apa saja yang ada di faskes tersebut hingga siapa saja dokter yang bertugas di rumah sakit tersebut.
Selain memiliki fitur untuk menemukan rumah sakit terdekat sehatq juga memiliki sejumlah fitur lainnya yang bisa kita manfaatkan dalam menjaga kesehatan anak. Beberapa fitur ini misalnya saja adalah fitur direktori obat obatan serta direktori penyakit.
Direktori obat memungkinkan kita untuk tahu informasi lebih mendalam mengenai jenis obat tertentu. Di sini akan disajikan info mengenai nama obat, manfaat, kontraindikasi, efek samping serta bagaimana cara penggunaan termasuk juga dosis obat tersebut. Kita juga akan mendapatkan informasi apakah obat tersebut termasuk obat bebas yang bisa dengan mudah kita dapatkan di toko sekitar ataukah termasuk obat keras yang dalam pembeliannya harus menggunakan resep dokter.
Sedangkan direktori penyakit berisi info seputar penyakit baik itu penyebab penyakit, gejala, cara pencegahan maupun cara mengobatinya. Kita juga akan mendapatkan informasi apakah penyakit tersebut termasuk penyakit menular atau bukan, termasuk penyakit turunan atau bukan. 
Selain fitur direktori obat dan direktori penyakit fitur lain yang ada di sehatq yang bisa kita manfaatkan dalam menjaga kesehatan anak adalah fitur chat dokter. Dengan fitur ini kita bisa berkonsultasi secara online dengan dokter yang kompeten di bidangnya. Atau jika kita merasa konsultasi online melalui chat dokter belum cukup maka kita bisa menggunakan fitur lain yakni booking dokter. Fitur ini memunginkan kita ntuk membuat janji dan berkonsultasi langsung (offline) dengan dokter. Hal ini tentu akan menjadikan kita bisa lebih menghemat waktu karena tidak perlu antri lagi.