Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Ada dalam List Belanja!


Penting bagi moms untuk membuat daftar berisi perlengkapan bayi baru lahir. Perlengkapan tersebut diperlukan saat baby sudah dilahirkan saat di rumah sakit atau klinik dan juga untuk digunakan saat berada di rumah. Untuk baby pertama memang banyak moms yang terlalu kaku dalam membeli perlengkapan baby baru lahir tersebut, hal berbeda akan dirasakan saat moms lahiran anak kedua dimana akan lebih santai dan juga rileks.

Agar tidak terlalu over budget dalam membeli perlengkapan baby ada baiknya moms tahu apa saja perlengkapan dasar atau pokok yang dibutuhkan oleh baby. Barulah jika semua perlengkapan pokok baby baru lahir sudah tercukupi semua, moms bisa membeli perlengkapan tambahan untuk baby. Berikut ini daftar yang harus ada dalam list belanja perlengkapan bayi baru lahir yang wajib moms ketahui:

Pakaian Bayi
Pakaian bayi menjadi daftar yang harus disiapkan pertama kali. Tanpa pakaian yang tepat baby menjadi kurang nyaman sehingga dalam membeli pakaian ini diperlukan kecermatan yang tinggi. Pilih pakaian yang menyerap keringat dengan baik ya moms dan tentunya tekstur serat kainnya yang halus dan lembut karena kulit baby yang masih sensitif. Baby juga merasa kurang nyaman jika pakaian yang melekat ke tubuhnya kasar, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah daftar pakaian baby yang harus moms siapkan:

1. Popok kain
Baby baru lahir pasti akan membutuhkan popok karena bak dan bab lebih sering dibandingkan dengan orang dewasa. Untuk baby baru lahir penting bagi moms untuk menggunakan popok kain dibandingkan dengan popok sekali pakai karena akan menyebabkan masalah iritasi.
2. Baju baby
Baju lengan panjang maupun lengan pendek dibutuhkan. Saat pagi dan siang hari moms bisa memakaikan baby dengan baju lengan pendek sedangkan pada malam hari saat cuaca dingin baju lengan panjang lebih disarankan.
3. Celana dan kaos dalam
Moms membutuhkan celana panjang dan pendek untuk kebutuhan sehari-hari baby. Selain itu juga membutuhkan kaos dalam yang longgar. Untuk baby ini moms tidak membutuhkan gurita karena tidak disarankan, alasannya gurita terlau kencang mengikat badan dan perut baby.
4. Topi dan sarung tangan
Baby akan mudah masuk angin jika kepala tidak tertutup secara sempurna. Oleh sebab itu moms membutuhkan topi ini untuk menjaga kepala dan ubun-ubun baby tetap hangat. Selain itu moms membutuhkan sarung untuk tangan maupun kaki baby agar tetap hangat, dan menghindari kuku baby tidak melukai wajahnya.

Perlengkapan Mandi
Perlengkapan bayi baru lahir yang penting disiapkan terakhir adalah perlengkapan mandi. Perlengkapan ini tidak hanya menyangkut alatnya saja namun juga produk yang digunakannya. Pilih produk baby yang aman dan memang diformulasikan untuk baby, selain itu pilih dari merek ternama yang sudah lama hadir di tengah masyarakat ada untuk memberikan perawatan baby terbaik melalui produk miliknya seperti Mitu Baby. Karena memang diformulasikan untuk baby moms tidak perlu ragu dan khawatir saat menggunakan produk-produk dari Mitu Baby tersebut. 

Perlengkapan bayi baru lahir wajib disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya sebelum waktu lahiran tiba, tujuannya agar moms bisa melahirkan dengan tenang dan lancar tanpa harus memikirkan perlengkapan baby yang di bawa sudah lengkap atau belum.