Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Office Rental


Office rental bukan fenomena baru di perkotaan, khususnya di kawasan segitiga emas yang merupakan sentra bisnis. Kehadirannya sendiri dipandang mampu meningkatkan nilai prestisius sebuah bisnis, terutama perusahaan rintisan yang masih terkendala masalah ruang kerja dan legalitas.
Terlepas apakah pilihannya serviced office, coworking office atau virtual office, mekanisme sewa kantor seperti ini mampu memberi “angin segar” bagi pebisnis untuk mengembangkan usaha di bidang mereka masing-masing.
Meskipun penyedia sewa kantor saat ini cukup mudah ditemukan, bukan berarti bisa sembarangan memilih tanpa perhitungan. Untuk meminimalisir kemungkinan salah memilih office rental, ini beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.
Pahami Istilah Sewa Kantor
Persewaan kantor memiliki banyak istilah dan Anda harus memahami satu-persatu. Cari referensi sebanyak-banyak mengenai istilah asing seperti base, rent, net area, gross area, service charge, lease commencement date, semi gross, handover date, danistilah yang berhubungan dengan office rental lainnya.
Perlu diketahui bahwa istilah-istilah tersebut umumnya berkaitan dengan perjanjian kontrak. Jika tidak paham sama artinya Anda tidak memahami apa yang tertulis dalam draft perjanjian kontrak. Bila perlu Anda Tanyakan pada pihak yang lebih berpengalaman terkait istilah-istilah tadi.
Lokasi, Akses, Fasilitas
Lokasi perkantoran umumnya berpusat di beberapa titik tertentu di perkotaan.Setiap lokasi yang dipilih mencerminkan grade gedung perkantoran. Lokasi sewa kantor paling banyak dicari biasanya terletak berdekatan dengan fasilitas publik, mall premium, atau kawasan elite dimana fasilitas transportasi juga lebih mudah diakses.
Lokasi biasanya juga menentukan biaya. Pertanyaannya, apakah kantor di lokasi elite tersebut harus Anda sewa? Sudah siapkah Anda dengan biaya yang mungkin sangat mahal?
Jawabannya tergantung seberapa besar bisnis Anda. Sewa kantor di lokasi-lokasi premium mayoritas dilakukan oleh perusahaan mature yang benar-benar sehat secara finansial. Namun jika perusahaan Anda masih sangat tergantung dengan pemangkasan biaya operasional, maka opsi terbaiknya adalah office rental dengan biaya yang terjangkau.
Biaya Renovasi
Ketika memutuskan untuk sewa kantor mungkin semua resiko sudah terlebih dulu dipertimbangkan, termasuk biaya renovasi supaya tampilan kantor baru sesuai dengan filosofi perusahaan Anda. Memang, setelah proses serah terima dengan kondisi “kantor baru” Anda perlu merubah beberapa bagian atau keseluruhan untuk mendapatkan tampilan kantor sesuai ciri khas Andas endiri.
Dari perkembangan duniausaha beberapa tahun terakhir, style paling disukai dari office rental adalah gaya casual dan playful dengan konsep terbuka. Bukan gaya monoton seperti kantor konvensional pada umumnya.
Namun demikian masih banyak juga rental kantor tetap dengan pakem tradisional yang memprioritaskan aspek privasi. Mayoritas kantor dengan gaya formal seperti ini dipilih oleh perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan industrial, banking, konstruksi, juga law firm sehingga butuh ruangan tertutup untuk kepentingan privasi.
Beberapa poin diatas hanya sedikit dari pertimbangan yang perlu Anda pikirkan sebelum memilih office rental. Ada satu lagi yang tak kalah penting yaitu jangka waktu pemindahan. Artinya Anda hari ini menyewa kantor tak lantas besoknya bias langsung pindah. Anda masih harus mengurus administrasi di kantor baru maupun lama, juga menyiapkan konsep desain interior dan lain-lainnya.