Langsung ke konten utama

5 Langkah dalam Menentukan Software Akuntansi yang Terbaik


Saat ini software akuntansi sangat berperan penting bagi bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Perangkat lunak ini memudahkan Anda dalam melakukan pelacakan transaksi keuangan secara lebih terperinci. Selain itu, Anda pun akan lebih mudah dan cepat dalam menyusun berbagai laporan keuangan karena sistem ini mampu mengelola data keuangan secara otomatis. Sebelum aplikasi ini muncul, tugas-tugas keuangan harus dilakukan secara manual menggunakan jurnal transaksi besar. Hal tersebut dianggap kurang efisien dan tingkat akurasinya pun cukup rendah sehingga terkadang timbul masalah di dalam pembuatan laporan keuangan. Kini, hadirnya aplikasi ini mampu mengurangi biaya akuntansi dan memungkinkan Anda untuk mengambi keputusan finansial secara real-time.
Melihat betapa pentingnya peran aplikasi akuntansi bagi sebuah bisnis, membuat Anda tidak boleh asal-asalan dalam menentukan perangkat lunak yang akan digunakan. Anda harus bisa menemukan aplikasi akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda sehingga hasilnya bisa lebih optimal. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam menentukan accounting software yang terbaik.
1. Tentukan Kebutuhan Akuntansi Perusahaan Anda
Hal pertama yang harus lakukan adalah menentukan apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh perusahaan terkait dengan perhitungan keuangan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa nantinya software yang akan digunakan mampu mengakomodir kebutuhan akuntansi tersebut.
Cara yang paling tepat yang bisa Anda lakukan adalah mengajak karyawan Anda berdiskusi tentang apa yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Setelah Anda mengetahui apa sebenarnya kebutuhan akuntansi para karyawan, Anda dapat membuat daftar software yang bisa dipertimbangkan sebagai accounting software yang terbaik.
2. Lihat Anggaran Perusahaan

Anda perlu mempertimbangkan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan sebelum menentukan accounting software yang terbaik. Anda dapat menyaring software mana yang biayanya sesuai dengan anggaran perusahaan yang Anda punya.

3. Cari Tahu Testimoni Positif
Untuk memastikan kualitas sebuah software akuntansi, Anda dapat melihatnya melalui testimoni atau ulasan positif dari pengguna yang ada. Untuk itu, Anda bisa mencari tahunya melalui situs perbandingan perangkat lunak. Tandai beberapa software yang sekiranya banyak mendapatkan ulasan yang positif dari para pengguna.
4. Jadwalkan Demo
Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi web penyedia software untuk meminta demo untuk mencoba menggunakan software tersebut secara gratis dalam beberapa hari. Setelah itu, Anda dapat menanyakan beberapa hal yang terkait dengan kebutuhan bisnis Anda selama melakukan trial.
5. Lakukan Trial atau Uji Coba
Anda perlu melakuan trial setiap kali Anda membeli sebuah software. Untuk melihat efektifitas dari software tersebut pada bisnis Anda, sebaiknya simulasikan transaksi terkait bisnis yang Anda jalankan dan lihat bagaimana tingkat akurasi laporan pada aplikasi tersebut.
Itulah beberapa langkah dalam menentukan software akuntansi terbaik. Dengan menggunakan aplikasi yang tepat, sistem akuntasi di perusahaan Anda akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih accounting software yang akan Anda gunakan.

Postingan populer dari blog ini

Meja Staff Ideal

Fungsi meja kantor yang pada umumnya untuk membaca, menulis dan aktivitas lainya, kini mulai bergeser fungsi sesuai dengan berkembangya waktu. Meja kantor untuk para staff haruslah memiliki banyak ruang untuk memberikan keleluasaan karyawan untuk berkerja. Tak hanya sebagai sebuah furnitur biasa, Meja Staff haruslah didesain senyaman mungkin untuk menunjang aktivitas karyawan dalam bekerja.
Meja Staff yang ideal pada masa kini haruslah menyediakan beberepa laci yang disertai kunci agar bisa menyimpan file penting dan barang pribadi, tidak hanya satu laci, biasanya meja staff ini terdiri dari 3 laci. Selain itu harus terdapat ruang untuk menempatkan peralatan kantor seperti alat tulis yang sangat mudah diraih. Dan terakhir harus terdapat ruang besar dalam penempatan alat-alat modern perkantoran seperti komputer, mesin fax, telepon dan lain-lain. Meja perkantoran untuk para staff ini juga harus didesain semenarik mungkin, selain agar lebih enak dipandang oleh anda, klien kantor Anda pun…

Cara Membedakan Celana Jeans Pria Levi’s yang Asli dan Palsu

Tidak dapat dipungkiri memang pengunaan celana jeans ini begitu simple tetapi mampu membawa kesan yang elegan. Pengunaannya pun bisa dilakukan untuk banyak suasana kegiatan dengan tetap mengedepannya kenyamanan saat Anda menggunaknnya. Dilihat dari beberapa fungsinya dan manfaat pengunaanya tersebut saja yang begitu penting sudah wajar bila banyak banyak orang mempunyai celana jeans tersebut. Bisa dibilang hampir semua orang mempunyai produk celana jeans mulai dari tua muda, laki-laki atau perempuan perempuan. Terutama bagi laki-laki yang dalam pengunaan celana tersebut sering dijadikan pilihan utama karena fashion laki-laki yang tidak seribet perempuan. Nah, salah satu dari produsen celana jeans pria tersebut yang produknya tidak pernah sepi dibeli masyarakat di seluruh dunia adalah celana jeans merek Levi’s. Sebenarnya merek Levis’s ini tidak hanya menyediakan produk celana jeans untuk laki-laki saja tetapi juga produk lainnya untuk perempuan dan laki-laki seperti jaket. Namun mema…

Nganu itu apa ?

Nganu kita pasti sudah pernah mendengar kata ini atau bahkan tak jarang mengucapkannya. Lalu apasih sebenarnya nganu itu sendiri ? Nganu bisa dibilang satu buah kata yang memiliki berbagai macam makna, tergantung konteks pembicaraan yang sedang dilakukan oleh orang.