Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah dalam Menentukan Software Akuntansi yang Terbaik


Saat ini software akuntansi sangat berperan penting bagi bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Perangkat lunak ini memudahkan Anda dalam melakukan pelacakan transaksi keuangan secara lebih terperinci. Selain itu, Anda pun akan lebih mudah dan cepat dalam menyusun berbagai laporan keuangan karena sistem ini mampu mengelola data keuangan secara otomatis. Sebelum aplikasi ini muncul, tugas-tugas keuangan harus dilakukan secara manual menggunakan jurnal transaksi besar. Hal tersebut dianggap kurang efisien dan tingkat akurasinya pun cukup rendah sehingga terkadang timbul masalah di dalam pembuatan laporan keuangan. Kini, hadirnya aplikasi ini mampu mengurangi biaya akuntansi dan memungkinkan Anda untuk mengambi keputusan finansial secara real-time.
Melihat betapa pentingnya peran aplikasi akuntansi bagi sebuah bisnis, membuat Anda tidak boleh asal-asalan dalam menentukan perangkat lunak yang akan digunakan. Anda harus bisa menemukan aplikasi akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda sehingga hasilnya bisa lebih optimal. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam menentukan accounting software yang terbaik.
1. Tentukan Kebutuhan Akuntansi Perusahaan Anda
Hal pertama yang harus lakukan adalah menentukan apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh perusahaan terkait dengan perhitungan keuangan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa nantinya software yang akan digunakan mampu mengakomodir kebutuhan akuntansi tersebut.
Cara yang paling tepat yang bisa Anda lakukan adalah mengajak karyawan Anda berdiskusi tentang apa yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Setelah Anda mengetahui apa sebenarnya kebutuhan akuntansi para karyawan, Anda dapat membuat daftar software yang bisa dipertimbangkan sebagai accounting software yang terbaik.
2. Lihat Anggaran Perusahaan

Anda perlu mempertimbangkan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan sebelum menentukan accounting software yang terbaik. Anda dapat menyaring software mana yang biayanya sesuai dengan anggaran perusahaan yang Anda punya.

3. Cari Tahu Testimoni Positif
Untuk memastikan kualitas sebuah software akuntansi, Anda dapat melihatnya melalui testimoni atau ulasan positif dari pengguna yang ada. Untuk itu, Anda bisa mencari tahunya melalui situs perbandingan perangkat lunak. Tandai beberapa software yang sekiranya banyak mendapatkan ulasan yang positif dari para pengguna.
4. Jadwalkan Demo
Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi web penyedia software untuk meminta demo untuk mencoba menggunakan software tersebut secara gratis dalam beberapa hari. Setelah itu, Anda dapat menanyakan beberapa hal yang terkait dengan kebutuhan bisnis Anda selama melakukan trial.
5. Lakukan Trial atau Uji Coba
Anda perlu melakuan trial setiap kali Anda membeli sebuah software. Untuk melihat efektifitas dari software tersebut pada bisnis Anda, sebaiknya simulasikan transaksi terkait bisnis yang Anda jalankan dan lihat bagaimana tingkat akurasi laporan pada aplikasi tersebut.
Itulah beberapa langkah dalam menentukan software akuntansi terbaik. Dengan menggunakan aplikasi yang tepat, sistem akuntasi di perusahaan Anda akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih accounting software yang akan Anda gunakan.