Langsung ke konten utama

Manfaat Menyusui Bayi Secara Langsung

Menyusui merupakan keharusan bagi seorang ibu yang memiliki bayi. Menyusi hingga berusia 2 tahun memiliki dampak sekaligus manfaat yang cukup besar untuk bayi dan juga ibu. Manfaat inilah yang sebenarnya tidak diketahui banyak oleh para ibu. Menyusui bayi dilakukan sebagai bentuk kasih ibu kepada bayinya. Namun demikian sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa diambil ketika ibu menyusui secara langsung jika dibandingkan dengan menggunakan dot dan alat bantu lainnya. Minimal bentuk kasih sayang ibu kepada bayinya lebih bisa dirasakan langsung oleh bayi jika ibu menyusui langsung bayinya. Kontak inilah yang membantu ibu dan bayi menjadi lebih dekat satu dengan lainnya.

Manfaat yang paling dirasakan oleh bayi ketika bayi menyusu langsung pada ibunya salah satunya adalah naluri keibuan menjadi lebih peka.  Ketika ibu menyusui langsung, maka otak ibu akan mengirimkan sinyal untuk menghidupkan naluri keibuannya. Keinginan ibu untuk segera mengangkat dan memeluk bayinya ketika bayi menangis menjadi lebih besar. Bukan itu saja, ibu akan lebih mudah memeluk bayinya ketika bayi menangis meskipun itu adalah tengah malam. Instiing seorang ibu menjadi lebih kuat jika itu berhubungan dengan bayinya. Seorang ibu akan menjadi lebih peka kepada bayinya jika bayinya membutuhkan sesuatu ataupun memiliki keluhan khusus.

Manfaat menyusui secara langsung berikutnya adalah memberikan asi kepada bayi bisa menjadi salah satu alat kontrasepsi yang paling aman untuk ibu sekaligus alami. Sehingga jangan kaget jika ibu yang sedang menyusui tidak akan mengalami menstruasi. Alasannya adalah menyusui akan mengurangi secara alami jumlah hormon untuk pembuahan dan juga produksi sel telur. Sehingga bagi ibu yang ingin memberikan jarak kelahiran yang cukup jauh dengan bayi maka dianjurkan untuk menyusui secara langsung jika dibandingkan dengan ibu yang sama sekali tidak menyusui. Jarak kelahiran juga bisa dikendalikan jika ibu menyusui secara langsung dibandingkan ibu yang tidak menyusui secara langsung. Hal ini tentunya akan membuat ibu juga bisa lebih fokus untuk mengurus bayinya dengan baik ketika jarak kelahiran bisa dikendalikan.

Pemberian susu formula pada bayi sesungguhnya dapat membuat bakteri yang ada di dalam usus bayi menyerap dan menggunakan zat besi tersebut. Sedangkan zat besi merupakan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh bayi agar bisa berkembang dengan baik dan juga sehat. Sedangkan asi memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga membuat zat besi bisa terserap dengan baik. Selain itu asi yang diberikan pada bayi sangat higienis. Membuat bayi terhindar dari infeksi. Asi juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih baik. Banyak kasus bayi yang terkena infeksi akibat mengkonsumsi susu formula. Jadi pemberian asi secara langsung secara umum dapat membuat bayi lebih sehat.

Pola tidur bayi menjadi lebih teratur. Pemberian asi secara langsung memberikan manfaat untuk tubuh bayi dapat memproduksi hormon melatonin. Fungsi hormon melatonin adalah untuk membuat bayi mudah tertidur. Ketika pola tidur bayi menjadi teratur dan cukup maka resiko untuk terkena penyakit menjadi lebih minimal. Bayi menjadi lebih sehat jika memiliki pola tidur yang lebih teratur maka tingkat kesehatan bayi akan lebih baik. Bayi menjadi lebih jarang sakit. Tentunya akan lebih menghemat biaya orang tua untuk alokasi kesehatan bayi. Sehingga dampaknya keuangan keluarga menjadi lebih terarah.

Mungkin para ibu paling takut terhadap sindrom kematian mendadak. Sindrom ini mampu merenggut nyawa bayi lebih cepat. Apabila pada ibu ingin menyelamatkan bayinya dari sindrom mati mendadak, maka dianjurkan untuk terus menyusui secara langsung. Menyusui langsung dapat mengurangi sindrom kematian mendadak sebanyak 50%. Hal ini merupakan kabar gembira bagi para ibu. Selain itu, bayi yang lahir dengan berat badan rendah akan lebih aman jika mengkonsumsi asi secara langsung dari ibunya. Peningkatan berat badan bayi dengan berat lahir rendah juga lebih mudah dicapai. Selain itu, bayi yang terlahir dengan berat badan rendah sebenarnya lebih rentan terjadi infeksi. Sehingga jika bayi menyusu langsung dari ibunya akan meminimalisir terjadinya infeksi pada tubuh bayi.

Bagi ibu yang menyusui secara langsung, manfaatnya dapat dirasakan langsung. Sebab jika ibu menyusui langsung kesehatan fisik dan mental ibu lebih terjaga dengan baik. Ibu juga lebih mudah berpikiran positif pada saat menyusui secara langsung. Ibu menjadi lebih jarang terkena depresi akibat masalah yang dihadapi. Sehingga sangat disarankan bagi ibu untuk menyusui secara langsung. Apabila ibu tidak bisa menyusui secara langsung dan mengharuskan bayi mengkonsumsi susu, maka pilihan tepatnya adalah friso. Sebab diformulasikan khusus untuk meningkatkan status kesehatan bayi menjadi lebih baik. Susu ini dibuat untuk memenuhi stadar kebutuhan gizi bayi sehingga dapat tumbuh menjadi anak yang kuat dan cerdas.

Postingan populer dari blog ini

Meja Staff Ideal

Fungsi meja kantor yang pada umumnya untuk membaca, menulis dan aktivitas lainya, kini mulai bergeser fungsi sesuai dengan berkembangya waktu. Meja kantor untuk para staff haruslah memiliki banyak ruang untuk memberikan keleluasaan karyawan untuk berkerja. Tak hanya sebagai sebuah furnitur biasa, Meja Staff haruslah didesain senyaman mungkin untuk menunjang aktivitas karyawan dalam bekerja.
Meja Staff yang ideal pada masa kini haruslah menyediakan beberepa laci yang disertai kunci agar bisa menyimpan file penting dan barang pribadi, tidak hanya satu laci, biasanya meja staff ini terdiri dari 3 laci. Selain itu harus terdapat ruang untuk menempatkan peralatan kantor seperti alat tulis yang sangat mudah diraih. Dan terakhir harus terdapat ruang besar dalam penempatan alat-alat modern perkantoran seperti komputer, mesin fax, telepon dan lain-lain. Meja perkantoran untuk para staff ini juga harus didesain semenarik mungkin, selain agar lebih enak dipandang oleh anda, klien kantor Anda pun…

Nganu itu apa ?

Nganu kita pasti sudah pernah mendengar kata ini atau bahkan tak jarang mengucapkannya. Lalu apasih sebenarnya nganu itu sendiri ? Nganu bisa dibilang satu buah kata yang memiliki berbagai macam makna, tergantung konteks pembicaraan yang sedang dilakukan oleh orang.

VPS Cloud Murah Indonesia (Domainesia)

VPS Cloud Murah Indonesia (Domainesia) - Domainesia merupakan perusahaan web hosting yang sudah tidak asing lagi di kalangan para blogger, pebisnis online, pemilik situs, blog dan website. Karena mayoritas diantaranya menggunakan domainesia sebagai penyedia hosting dan registrasi domain. Perusahaan Domainesia menjadi kebanggaan bangsa Indonesia karena company ini buatan dalam negeri. Yang berkantor di daerah Yogyakarta.
Di internet sudah banyak ulasan dan review tentang domainesia. Dan ulasan dan review tersebut semuanya positif atas jasa layanan hosting terutama VPS Indonesia cloud. Layanan VPS cloud bukan hanya memberikan kualitas terbaik tapi juga memberikan harga murah. Sehingga dapat terjangkau bagi semua kalangan. Mengingat pemilik website dan blog saat ini bukan hanya dari kalangan web master dan developer, tapi juga sudah banyak dari kalangan mahasiswa, pelajar, buruh, karyawan kasar dan ibu rumahtangga.
Perusahaan hosting terbaik di Indonesia adalah DomaiNesia. Hal tersebut s…